Selasa, 04 Juni 2013

Rumus Excel IF dan penggunaannya


Rumus Excel IF dan Penggunaannya – Kita akan belajar salah satu rumus dasar di microsoft excel, yaitu rumus IF. Rumus Excel if digunakan untuk menentukan suatu kondisi dan mengevaluasinya ke suatu hasil jika benar (TRUE) dan mengevaluasi ke hasil yang lain jika salah(FALSE). Gampangnya kita punya suatu kondisi dan dari kondisi tersebut kita mendefinisikan hasil tertentu yang berbeda jika kondisi itu terwujud (TRUE) dan jika kondisi tersebut tidak terwujud (FALSE)
Bentuk Rumus Excel IF
= IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Keterangan dari rumus excel IF di atas
Logical_test : kondisi atau ekspresi yang kemudian akan kita jadikan acuan untuk menentukan hasil jika kondisi tersebut terjadi (TRUE) ata tidak terjadi (FALSE) misalnya: “Jika 2×5 =10″ atau jika d2 = d4+d5
Value_if_true : nilai jika logical test benar terjadi (TRUE). Misal jika kita menulliskan value_true nya “COCOK” maka ketika d2 = d4 + d5 jika benar maka akan menghasilkan value_if_true yaitu “COCOK”
Value_if_false : nilai jika logical_test bernilai salah (FALSE)
Penggunaan Rumus Excel IF
Penggunaan rumus excel IF sangat bervariasi dari mulai yang sederhana hingga yang paling kompleks. Dari mulai rumus excel IF saja hingga gabungan dengan fungsi-fungsi excel yang lain. untuk lebih jelas mengenai penggunaan rumus excel IF dan memudahkan memahami kita akan memakai contoh yang sangat sederhana dengan tabel berikut :
Rumus Excel If dan Penggunaannya
RUMUS EXCEL IF
Dari tabel tersebut kolom keterangan
“OVERBUDGET”       jika Beban Aktual > Beban perkiraan
“ASBUDGET”             jika Beban Aktual = Beban Perkiraan
“UNDERBUDGET”   jika Beban Aktual < Beban Perkiraan
Untuk mengisi kolom keterangan akan kita gunakan rumus excel IF sebagai berikut
=IF(B2>C2;”OVERBUDGET”IF(B2=C2;”ASBUDGET”;”UNDERBUDGET”))
Setelah rumus If tersebut di masukkan maka akan tampak hasi seperti berikut
rumus excel if ke 2
RUMUS EXCEL IF
Sebetulnya masih banyak lagi bentuk dan kasus penggunaan dari rumus ini, mulai dari paling mudah hingga paling rumit dan njlimet tapi semoga artikel sederhana tentang rumus excel IF ini bisa membantu memantabkan pemahaman dasar kita soal rumus excel. Semoga Bermanfaat. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar